Cara Kalibrasi Baterai Android Root

Cara Kalibrasi Android Root

Cara Kalibrasi Baterai Android Root 

 bikinrame.com – Assalamualaikum wr.wb dan salam sejahtera untuk  para sahabat sekalian dimanapun kalian berada. Banyak sekali kabar beredar bahwa kalibrasi baterai itu dapat meningkatkan performa baterai agar menjadi awet dan tidak boros, namun ternyata berita itu salah ya sahabat.

Kalibrasi baterai sebenarnya adalah proses normalisasi baterai agar status real nya kembali akurat untuk dapat dibaca oleh sistem. Ketidakakuratnya itu bisa di contohkan pada waktu persentase baterai hp kalian misalkan ada pada angka 15% tetapi tiba – tiba baterai langsung habis atau mati. Atau juga pada saat baterai kalian masih pada angka 90% tetapi tiba – tiba berkurang drastis menuju angka 60%.

Untuk kasus seperti itu biasanya ditemukan pada perangkat yang sudah lama digunakan atau biasa admin sebut jadul ya, wkwkw. Lah terus bagaimana caranya agar sistem bisa kembali akurat dalam mendeteksi persentase baterai pada perangkat yang para sahabat gunakan? Misalnya admin disini akan mengajari kalian para sahabat bagaimana untuk mengembalikan keakuratan pembacaan sistem menggunakan smartphone android.

Baca Juga  Cara Dapat Kuota Internet Tri Gratis 2020

Yap caranya dengan kalibrasi baterai, oke sahabat tanpa banyak basa – basi langsung saja kita menuju tutorialnya, tapi perlu diingat bahwa kalibrasi baterai ini bukan untuk meningkatkan performa baterai agar menjadi awet seperti yang sudah admin jelaskan di atas.

Cara Kalibrasi Baterai Android root

            Berikut adalah cara kalibrasi baterai android root :

Untuk cara ini pastikan smarthphone sahabat sudah di root ya sahabat, bagi smarthphone yang belum memiliki akses root admin akan sajikan cara root hp android :

  1. Silahkan sahabat unduh aplikasi FramaRoot di google play store.
  2. Setelah terunduh dan terinstall sahabat masuk ke aplikasi FramaRoot tersebut
  3. Lalu pilih Instal SuperSU atau Superuser sesuai dengan keinginan sahabat.
  4. Akan muncul pilihan Aragorn dan Gandalf, keduanya sebenarnya tidak ada bedanya ya, tetapi disini admin sarankan untuk memilih Gandalf.
  5. Proses root akan langsung berjalan, silahkan sahabat tunggu sampai prosesnya benar – benar selesai. Jika sudah selesai akan ada notifikasi pemberitahuan, itu tandanya sahabat sudah berhasil melakukan root pada hp android sahabat.
  6. Setelah berhasil silahkan sahabat restart hp android tersebut, dan pastikan aplikasi SuperSU dan Superuser sudah terpasang atau muncul dalam daftar aplikasi.
Baca Juga  Link Download Aplikasi Ivive Untuk Android

CARA KALIBRASI BATERAI ANDROID ROOT

Jika proses root sudah selesai kita menuju langkah utama untuk melakukan kalibrasi baterai, simak tutorial di bawah ini :

Cara Kalibrasi Baterai Android Root

  1. Biarkan perangkat android sahabat kehabisan baterai hingga mati dengan sendirinya
  2. Isi baterai menggunakan charger tanpa menghidupkan perangkat android, isi hingga penuh agar indikator baterai menunjukan angka 100%
  3. Cabut charger dari hp android sahabat
  4. Lalu silahkan hidupkan perangkat. Jika indikator baterai pada layar tidak menunjukan angka 100%, isi kembali baterai hp android sahabat tentunya mengunakan charger hp. Isi hingga persentase baterai menunjukan angka 100%. Pada step ini biarkan perangkat anda tetap hidup.
  5. Setelah terisi penuh silahkan cabut charger dari hp android sahabat, lalu restart atau mulai ulang perangkat anda. Setelah selesai melakukan muat ulang atau restart kembali dan baterai indikator tidak menunjukan angka 100%, isi ulang lagi hingga 100%
  6. Ulangi siklus ini sampai baterai persentase benar – benar menunjukan angka 100%
  7. Lalu instal aplikasi battery calibration yang sahabat bisa unduh atau instal di play store. Tapi sebelumnya pastikan batrai yang ada di hp para sahabat penuh 100%. Sesudah di jalankan, restart perangkat.
  8. Nah setelah perangkat hidup kembali, segera jalankan aplikasi yang tadi dan kalibrasi ulang perangkat hp sahabat.
  9. Setelah kalibrasi selesai, biarkan baterai yang ada di hp sahabat kosong atau 0%, dan biarkan sampai mati sendiri.
  10. Kemudian isi lagi baterai hp sampai penuh kembali.
  11. Selesai.
Baca Juga  Contoh Konten Youtube Pemula

Nah itu lah langkah –langkah yang bisa admin berikan kepada sahabat semua. Cukup mudah bukan? Silahkan para sahabat semua untuk mencoba cara ini pasti akan berhasil. Sekian artikel yang bisa admin jelaskan dan sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya – bikinrame.com

Wasalamualaikum wr.wb.

You May Also Like

About the Author: BikinRame

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *