Bisnis Ikan Cupang Yang Menguntungkan dan Cara Budidaya Ikan Cupang

Bisnis Ikan Cupang Yang Menguntungkan dan Cara Budidaya Ikan Cupang

Bikinrame.com – Pada masa pandemi Covid-19 untuk bisnis Ikan Cupang sangatlah bagus dan pastinya menjanjikan. Bisnis Ikan Cupang pada saat ini memang tengah naik daun, banyak orang yang memelihara dan menernakan Ikan Cupang sebagai uusaha tambahan.

Seperti Dwi Surya misalnya, salah satu penggiat serta breeder atau penernak Ikan Cupang. Dwi Surya mengaku bahwa, omzet rata-rata per bulannya mencapai hingga Rp 300 juta lebih.

Pria yang akrab disapa Tian ini mengaku dirinya sering kewalahan belakangan ini lantara banyak permintaan Ikan Cupang. “Sementara Ikan Cupang jika dijual saat masih kecil akan berpotensi mengurangi keuntungannya yang akan di dapatkan,” kata Dwi Surya.

Cara Ternak Dan Budidaya Ikan Cupang

Memang gampang-gampang susa, untuk menernak ikan cupang, belakangan ini ikan cupang menjadi primadona bagi para pecinta ikan. Ikan mungil ini dikenal dengan keindahannya sebagai hewan hias, saat ini banyak orang yang memelihara dan membudidayakan ikan mungil tersebut.

Tak sedikit pula dari mereka yang ingin membudidayakan ikan Cupang, akan tetapi sebagian orang tidak mengetahui bagaimana cara budidaya ikan mungil ini.

Sebenarnya ternak ikan cupang sangatlah mudah ditenak dan juga tidak membutuhkan lahan atau tempat yang sangat luas serta modal yang besar. Jika kalian penasaran dengan cara budidaya ikan cupang, maka kalian perlu simak ulasan yang ada di bawah ini yaitu sebagai berikut:

Pilih Induk Ikan Cupang

Bisnis Ikan Cupang Yang Menguntungkan dan Cara Budidaya Ikan Cupang
Bisnis Ikan Cupang Yang Menguntungkan dan Cara Budidaya Ikan Cupang

Cara budidaya ikan cupang yang pertama Anda lakukan yaitu Anda harus memilih induk Ikan Cupang. Anda harus bisa memastikan iduk betita dan jantan yang sudah masuk dalam fase matang atau siap kawin untuk membedakan mana ikan cupang betina dan mana ikan cupang jantan tidaklah terlalu sulit untuk membedakannya.

Ikan cupang jantan memiliki ciri-ciri sirip melebar, ekor lebar mengembang, tubuh yang buncit atau besar, gerakan yang lincah dan warnanya lebih cerah atau mencolok daripada ikan cupang betina.

Sedangkan, unutk ikan cupang betina memiliki ciri-ciri sirip yang pendek, memiliki ekor yang pendek, tubuh lebihnya pun kecil, gerakan yang lambat dan warnanya kusam.

Ciri-ciri Ikan Cupang Siap Kawin

Ciri-ciri ikan cupang betina yang siap kawain yaitu sebagai berikut :

  1. Gerakan yang cukup lambat
  2. Sirip yang pendek
  3. Warna yang kusan dan tidak menarik
  4. Bentuk badannya yang membulat
  5. Bagian perutnya yang sedikit membuncit
  6. Berumur sekitar 3-4 bulan

Ciri-ciri ikan cupang jantan yang siap kawin yaitu sebagai berikut:

  1. Gerakannya yang sangat lincahdan agresif
  2. Memiliki siri yang cukup panjang
  3. Memiliki warna yang akratif atau mencolok
  4. Bentuk badan yang berukuran panjang
  5. berumur sekitar 4-8 bulan

Pemijahan dan Ternak Ikan Cupang

Bisnis Ikan Cupang Yang Menguntungkan dan Cara Budidaya Ikan Cupang
Bisnis Ikan Cupang Yang Menguntungkan dan Cara Budidaya Ikan Cupang

Cara budidaya ikan cupang selanjutnya adalah proses pemijahan, pada tahap ini kalian hanya perlu menyiapkan wadah yang kecil untuk peaimasahan untuk betida dan ikan cupan jantan.

Siapkan juga gelas plastik untuk ikan cupang betinanya, Anda juga bisa siapkan tumbuhan air seperti kiambang. Setiap kawin, induk ikan cupang bisa menghasilkan 1000 butir telur yang bisa induk cupang lahirkan.

Nantinya telur tersebut akan menetas dalam waktu 24 jam setelah pembuahannya selesai. Akan tetapi, dari 1000 butir telur yang induk cupang lahirkan biasanya yang bisa di panen hanya sekitar 30-50 anak ikan cupang.

Memang, tingkat kematian pembenihan ikan cupang begitu tinggi, sekedar informasi saja induk jantan bisa dikawinkan hingga 8 kali dengan interval 2-3 per minngunya. Sementara induk betina hanya bisa dikawinkan hanya satu kali saja.

Cara Budidaya Ikan Cupang Tahap Pemijahan

Cara budidaya ikan cupang tahap berikutnya adalah tahap pemijahan, yaitu sebagai berikut:

1. Isi tempat pemijahan dengan air bersih

Sebagai informasi saja gunakan air yang bersih atau air yang jernih, endapkan terlebih dahulu air tersebut setidaknya satu malam untuk tahap pemijahannya.

2. Tambahkan Tanaman Air ke Wadah

Tambahkan tanaman air kewadah tersebut, tujuannya untuk dijadikan sebagai tempat anak ikan yang masih kecil untuk berlindung.

3. Masukan ikan cupang jantan

Biarkan ikan cupang jantan berada di dalam wadah selama satu hari satu malam. Nantinya ikan cupang jantan akan membuat gelembung-gelembung udara yang berguna untuk menyimpan terlur yang sudah dibuahi.

4. Masukan ikan cupang betina

Setelah ikan cupang jantan membuat gelembung, kalian bisa memasukan induk betina. Biasanya dalam waktu pemijahan terjadi sekitar pukul 7-10 sore. Perlu kalian ingat, ikan cupang begitu sensitif saat musim kawin.

5. Angkat induk betina

Setelah terjadi pembuahan, angkat induk betina dengan segera. Sebab, yang bertanggung jawab menjaga dan membesarkan anaknya adalah ikan cupang jantan.

Penutup

Berikut adalah informasi tentang cara bisnis ikan cupang dan cara ternak ikan cupa, jangan lupa untuk membagikan artikel singkat ini kepada sodara atau teman terdekat kalian agar tidak ketinggalan dalam informasi ini.

Jangan lupa juga untuk selalu kunjungi Bikinrame.com agar kalian tidak ketinggalan dalam informasi ini, semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat bagi kalia, sekian dan terimakasih.

You May Also Like

About the Author: BikinRame

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *